News & Events

News

Apa Itu SAP Business One Inventory Management?

Bisnis Anda unik dan memerlukan alat yang dapat membantu Anda mengelola inventaris dengan cara yang efisien.

Modul manajemen inventaris SAP Business One menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda melakukan hal itu! Sistem bisnis yang kuat harus dapat mengelola inventaris Anda.

Mengelola inventaris adalah komponen kunci untuk melacak rantai pasokan perusahaan Anda, yang penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Sistem manajemen inventaris membantu Anda melacak produk dan bahan, sehingga Anda dapat mengelola stok secara efektif.

Mempertahankan tingkat stok sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki jumlah produk yang tepat dalam stok pada waktu tertentu. Hal ini untuk menghindari overstocking, yang dapat mengikat modal berharga dan menyebabkan pengurangan keuntungan.

Ini juga penting untuk menghindari efek kekurangan stok, di mana permintaan produk Anda melebihi pasokan Anda, yang menyebabkan hilangnya pendapatan dan pelanggan yang tidak puas. SAP Business One menawarkan solusi manajemen inventaris yang dikembangkan dengan baik.

Komponen inventaris mendukung proses yang mengoptimalkan manajemen inventaris untuk bisnis besar dan baru. Ini merampingkan operasi untuk bisnis dengan mengelola item utama dan catatan data, antara lain. Manajemen inventaris menawarkan banyak fungsi tambahan untuk mencapai tujuan seperti mengurangi tingkat inventaris, menurunkan biaya, dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Tanggung jawab utama manajemen inventaris adalah mengelola stok yang sudah ada di gudang, membuat pesanan, dan penjualan. SAP Business One menyediakan manajemen inventaris untuk merampingkan proses pengadaan, melacak tanda terima, dan tingkat inventaris secara real-time.

Berikut adalah beberapa cara SAP Business One membuat manajemen inventaris menjadi mudah:

Kelola Data Master

Barang Mengelola semua data item dari satu layar. Semua detail tentang item dapat disimpan dalam sistem, termasuk nomor barcode khusus untuk setiap item.

Pelacakan Barang (item tracking)

Kuantitas produk dilacak sesuai dengan nomor seri spesifik, nomor batch, dan tanggal kedaluwarsa.

Hal ini memungkinkan mereka untuk dilacak sepanjang siklus hidup mereka—dari produksi hingga pengiriman ke pelanggan—untuk memastikan bahwa mereka selalu tersedia saat dibutuhkan dan dalam permintaan tinggi.

Memiliki informasi ini memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis berdasarkan informasi yang akurat daripada asumsi atau tebakan.

Kelola aspek keuangan manajemen inventaris (biaya, harga)

Saat Anda menyiapkan rekaman master produk di SAP B1, Anda dapat menyimpan semua informasi yang relevan mengenai biaya dan harga.

Anda dapat memasukkan informasi seperti harga standar dan biaya standar, yang kemudian dapat digunakan untuk membuat laporan yang menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan atau dihitung biayanya oleh produk Anda.

Dengan modul manajemen inventaris SAP B1, Anda juga dapat menentukan daftar harga khusus untuk berbagai pasar dan grup pelanggan.

Misalnya, Anda dapat memiliki satu daftar harga untuk pelanggan grosir, satu lagi untuk pelanggan eceran, satu lagi untuk pelanggan di berbagai negara, dan seterusnya.

Selain harga dasar produk, modul manajemen inventaris memungkinkan Anda mengatur jadwal diskon berdasarkan volume penjualan atau kriteria lainnya.

Prakiraan inventaris (inventory forcasts)

Wizard Prakiraan membantu Anda membuat prakiraan penjualan menurut produk, wilayah, atau segmen pelanggan. Anda dapat mengatur berbagai kombinasi parameter yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Wizard memungkinkan Anda melihat bagaimana perkiraan penjualan berubah dari waktu ke waktu tergantung pada parameter yang Anda pilih, sehingga Anda dapat menyesuaikannya jika perlu.

Ini memberi Anda kontrol lebih besar atas perencanaan inventaris Anda dan membantu mengurangi penghapusan karena produk kadaluarsa.

Memesan alat (ordering tools)

Panduan Pemesanan membantu Anda membuat pesanan pembelian berdasarkan perkiraan permintaan, tingkat inventaris saat ini, dan waktu tunggu pemasok.

Alat ini akan menandai item apa pun yang berada di bawah titik pemesanan ulangnya, serta jumlah yang perlu dipesan dari setiap pemasok, memberi Anda gambaran akurat tentang pemasok dan tingkat inventaris Anda secara sekilas.

Anda juga dapat menggunakan Laporan Pesanan Pembelian untuk melihat semua pesanan pembelian terbuka untuk pemasok tertentu di satu tempat.

Transfer stok antar gudang, lokasi dan lokasi

Wizard Transfer Stok memungkinkan Anda membuat pesanan transfer stok berdasarkan item mana yang hampir habis di lokasi atau gudang mana.

Dengan alat ini, Anda dapat memindahkan stok ke tempat yang paling membutuhkannya tanpa membuang waktu mencoba mengidentifikasi kebutuhan pemesanan ulang situs demi situs secara manual.

Informasi persediaan dasar (basic inventory information)

Manajemen inventaris memungkinkan Anda membuat dan memperbarui catatan data untuk semua item dalam stok Anda, termasuk jumlah minimum dan maksimum yang diperlukan untuk memicu pesanan pengisian ulang.

Ini juga memungkinkan Anda melacak satuan ukuran dan konversi satuan (mis., 12 buah per kotak). Anda dapat memilih informasi apa yang akan dimasukkan secara manual atau mengunggahnya dari spreadsheet menggunakan utilitas bernama Data Transfer Workbench.

Untuk membantu Anda mengelola gudang, modul Inventory Count memungkinkan Anda melakukan penghitungan stok fisik serta pengambilan stok di lokasi tertentu.

Manfaat lainnya termasuk:

Beberapa gudang dan lokasi – memungkinkan Anda mengelola stok di lokasi berbeda dengan membuat gudang terpisah untuk setiap lokasi

Beberapa unit pengukuran – memungkinkan Anda melacak stok Anda dalam berbagai unit pengukuran (kg, liter, meter, dll.) per item Ketertelusuran penuh – memungkinkan Anda melacak riwayat barang di setiap tahap produksi (pesanan pembelian, tanda terima barang, masalah barang, dll.)

Pelacakan nomor seri – memungkinkan Anda memantau nomor seri individu untuk setiap item dalam inventaris Anda

Pelacakan nomor batch – memungkinkan Anda melacak nomor batch yang ditetapkan untuk setiap item dalam inventaris Anda

Bisnis Anda memerlukan efisiensi, dan memerlukan sistem yang dapat mengotomatiskan dan merampingkan proses inventaris dan produksinya.

SAP Business One menawarkan Anda keduanya—dan banyak lagi.

Sebagai pengguna SAP Business One, Anda dapat memperoleh visibilitas yang lebih besar ke dalam fungsi-fungsi utama seperti inventaris, yang memungkinkan Anda merencanakan ke depan dan menghindari kekurangan dan kelebihan inventaris melalui perencanaan yang lebih baik.

Ini berarti bisnis Anda akan dapat mengurangi biaya sekaligus mempercepat waktu pengirimannya, sehingga Anda dapat memenuhi permintaan dan harapan pelanggan.

Dengan sistem yang memungkinkan pembaruan inventaris dan data gudang secara real-time, Anda akan selalu memiliki informasi paling akurat yang tersedia untuk menginformasikan keputusan Anda..

Secara keseluruhan, fungsionalitas manajemen inventaris SAP Business One sangat luas dan akan melayani Anda dengan baik.

SAP Business One menyertakan semua alat yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda dari ide hingga kenyataan.

Yang terbaik dari semuanya, semuanya terintegrasi dengan mulus sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola inventaris secara waktu nyata.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi inventaris dan manajemen gudang SAP Business One, minta demonstrasi dengan salah satu konsultan kami atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Others News & Events

News

Apa itu Enterprise Resource Planning (ERP) system?

Detail
News

IDU ERP Podcast Series #1 – Serunya Ngabuburit Bahas ERP Bareng-bareng

Detail
News

Universitas Multimedia Nusantara – Journey to ERP System

Detail
News

Digitalisasi Di Dunia Supply Chain – Supply Chain Manager Summit 2024, Jakarta

Detail
Welcome to
Inti Duta Utama